Harga 400 juta, ini adalah kecanggihan Honda X-ADV

Home ยป Harga 400 juta, ini adalah kecanggihan Honda X-ADV

Harga 400 juta, ini adalah kecanggihan Honda X-ADV

Fitur Anti-Mainstream Honda X-ADV – Seperti diketahui, memang patut diakui jika harga Honda X-ADV lebih mahal daripada Toyota Kijang Innova. Di mana, harga termurah ditetapkan Rp. 435 juta dan beberapa bahkan Rp. 450 juta. Tentu saja, pada harga itu, X-ADV sudah pasti dibenamkan dalam berbagai fitur canggih, beberapa di antaranya bahkan tidak dimiliki oleh kelas sepeda motor yang sama.

Fitur Honda X-ADV pertama adalah HSTC (Honda Selectable Torque Control). Fitur yang satu ini sebenarnya mirip dengan Traction Control (TA), hanya saja, operasinya dapat dimatikan dan diatur dengan tiga level. Tujuannya untuk memastikan motor menghindari selip. Sangat berguna melalui jalan yang licin atau pengendara tidak sengaja menarik gas penuh.

Nah, dengan memanfaatkan teknologi sensor yang tergabung dalam komponen ABS, perangkat ini membaca kecepatan ban belakang dan depan. Ketika roda berputar di buritan lebih cepat dari depan, itu dibaca langsung sebagai selip.

Dengan begitu maka HSTC akan secara otomatis dapat mengurangi distribusi bahan bakar ke ruang silinder, sehingga output daya dan torsi berkurang. Putaran kedua karet bundar kembali sinkron.

Kemudian, ketika mesin dihidupkan untuk pertama kalinya, X-ADV menetapkan HSTC pada level tertinggi. Pengaturan ini sengaja diberikan, karena Honda menyadari bahwa tidak semua pengguna skuter memiliki kemampuan mengemudi yang mumpuni.

Mengingat mesinnya 745,06cc, motor ini diklaim mampu menghasilkan tenaga besar, 54,5 PS pada 6.250 rpm dan momen torsi 681.1 Nm pada 4.750 rpm.

Lalu, untuk fitur kedua, yaitu DCT (Dual Clutch Transmission). Fitur ini adalah sistem transmisi yang mengandalkan dua cengkeraman pada setiap perpindahan gigi. Komponen pertama bergerak gigi ganjil (1.3 dan 5), sedangkan yang kedua untuk genap (2.4 dan 6). Masing-masing dikontrol secara independen oleh sirkuit elektro-hidrolik.

Sistem kerjanya sendiri cukup sederhana. Di mana, ketika motor bergerak di gigi pertama, kopling bahkan menyiapkan gigi kedua. Ketika sudah memasuki gigi dua, yang ketiga segera disiapkan kopling aneh.

Karena membawa 2 kopling, perpindahan gigi X-ADV lebih responsif dan halus. Motor berakselerasi pada kecepatan yang cukup gahar.

Lalu, ada juga fitur G-Switch, yang kali ini merupakan fitur ketiga skuter yang jarang ada di kelasnya. G sendiri berarti kerikil atau kerikil. Dengan kata lain, perangkat ini memungkinkan X-ADV untuk melewati jalur yang sulit dengan mantap.

Sistem ini memungkinkan rotasi poros engkol diteruskan langsung ke roda belakang. Atau dengan kata lain, tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin sepenuhnya diterima secara spontan.

Kondisi ini sebenarnya mirip dengan melepas sepeda motor manual dengan cepat, sehingga terkunci pada perjalanan.

Agar dapat bekerja dengan sempurna, pengemudi harus mematikan HSTC sepenuhnya. Namun, hanya saja Anda perlu mengingat bahwa sepeda motor ini dimaksudkan untuk tidak melintasi medan yang berat, tetapi agak off-road ringan yang tidak terlalu ekstrem.

About the Author:

Leave A Comment

X
Banner iklan disini