Mengapa Mobil Kemudi di Indonesia ada di Kanan?

Home ยป Mengapa Mobil Kemudi di Indonesia ada di Kanan?

Mengapa Mobil Kemudi di Indonesia ada di Kanan?

VIVA – Setiap tahun, sekitar satu juta mobil diproduksi di Indonesia. Dari angka ini, mayoritas dipasarkan ke dealer, sedangkan sisanya dikirim ke luar negeri.

Semua unit yang ditawarkan kepada konsumen di dalam negeri, memiliki satu kesamaan. Yakni, setir ada di kanan. Ini telah terjadi sejak zaman kuno.

Penerapan setir di sebelah kanan, berkaitan dengan peraturan lalu lintas di negara yang mengadopsi sistem mengemudi sisi kiri atau mengemudi di sisi kiri. Jadi mengapa Indonesia memilih sistem?

Dilansir dari laman Seva.id, Jumat 8 November 2019, ada dua sistem kemudi di dunia, yaitu negara penggerak sisi kiri dan negara penggerak sisi kanan. Negara-negara di Eropa sebagian besar menggunakan sisi kanan, sementara negara-negara di Asia Tenggara umumnya berlaku mengemudi di sisi kiri, termasuk Indonesia.

Negara penggerak sisi kanan adalah istilah yang digunakan, untuk negara yang menggunakan jalur kanan untuk mengemudi, sehingga setir berada di sisi kiri.

Ini diperlukan, agar pengemudi dapat memantau situasi ketika ia ingin menyalip kendaraan di depan. Sementara itu, mengemudi sisi kiri berlaku sebaliknya. Lalu, mengapa Indonesia menggunakan konsep mengemudi sisi kiri?

Rupanya, mekanisme kemudi yang tepat di Indonesia ada hubungannya dengan era kolonial Belanda. Ketika negara kincir angin menjajah Indonesia, mereka masih menganut konsep mengemudi sisi kiri.

Namun, Belanda kemudian mengubah konsep mengemudi mereka ke sisi kanan. Perubahan itu tidak diikuti oleh Indonesia, karena dengan demikian ada negara yang menerapkan mengemudi di sisi kiri lainnya menjajah, yaitu Jepang.

About the Author:

Leave A Comment

Powered by : idn poker & Work by : judi bola

X
Banner iklan disini