Nyalakan Mesin Menggunakan Tombol Dapat Mengganggu Listrik Mobil, Ini Kata Para Ahli

Home ยป Nyalakan Mesin Menggunakan Tombol Dapat Mengganggu Listrik Mobil, Ini Kata Para Ahli

Nyalakan Mesin Menggunakan Tombol Dapat Mengganggu Listrik Mobil, Ini Kata Para Ahli

VIVA – Salah satu fitur canggih yang sekarang disematkan pada mobil, adalah tombol start-stop, yang merupakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan mesin. Dengan tombol ini, pengemudi tidak perlu repot memasukkan dan memutar kunci kontak.

Untuk menyalakan mesin mobil, pengemudi hanya perlu mengantongi tombol jarak jauh, menginjak rem, lalu tekan tombol hingga mesin hidup.

Namun, ada asumsi bahwa metode ini tidak baik untuk sistem kelistrikan mobil. Sebab, sekarang semua mobil baru dilengkapi dengan banyak sensor. Ada kekhawatiran, cara menyalakan mobil yang bisa langsung menghambat proses pemeriksaan sensor.

Dealer Kepala Layanan Teknis PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, memastikan bahwa cara menghidupkan mesin dengan menekan tombol selama beberapa detik tidak masalah.

"Tidak ada masalah yang segera dihidupkan. ECU (unit kontrol elektronik) juga secara otomatis membaca semua sensor," katanya ketika dihubungi oleh VIVA, Rabu, 15 Mei 2019.

Menurut Didi, ketika mesin menyala, semua fungsi dan sensor akan tetap terbaca secara otomatis. Jadi, pengemudi tidak perlu khawatir sensor mobil tidak berfungsi optimal.

"Tepatnya mobil hari ini, jika ada kerusakan, itu akan memberikan informasi kepada pengemudi. Mesin langsung menyala, itu tidak masalah. Tidak perlu menunggu semua sensor untuk dibaca, " dia berkata. (kwo)

About the Author:

Leave A Comment

X
Banner iklan disini