Pengemudi Harus Tahu, Inilah Resiko Jika Berani Pergi ke Atas Perkerasan

Home ยป Pengemudi Harus Tahu, Inilah Resiko Jika Berani Pergi ke Atas Perkerasan

Pengemudi Harus Tahu, Inilah Resiko Jika Berani Pergi ke Atas Perkerasan

VIVA – Trotoar sebenarnya berfungsi sebagai ruang bagi pejalan kaki, sehingga tetap aman dan nyaman saat berada di jalan raya. Namun, fungsi utamanya sering digantikan oleh pengendara bermotor yang tidak bertanggung jawab, dengan menjadikannya sebagai rute tambahan untuk mengurangi kemacetan.

Salah satu contoh, terjadi di trotoar Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Cuplikan gambar yang beredar di media sosial itu menunjukkan, pengendara sepeda motor yang tidak bermoral melintasi trotoar.

Tidak hanya itu, video yang diunggah oleh Koalisi Pejalan Kaki di Twitter, menunjukkan pengendara skuter otomatis Honda BeAT tidak diterima ketika ditegur oleh pejalan kaki. Bahkan, dia mencoba mengambil kamera yang sedang merekam ketika dia lewat di trotoar.

"Pengendara sepeda motor Barbar. Berkendara di trotoar dan serang pejalan kaki," seperti dikutip dari akun Twitter @trotoarian, Rabu 11 September 2019.

Baca juga: Hore, Polisi memastikan mobil listrik bebas dari tilang bahkan kencang

Pada akun yang sama, Koalisi Pejalan Kaki meminta petugas penegak hukum untuk mengambil tindakan terhadap pengendara. Akibatnya, pelaku dengan HGT awal telah diamankan di Bekasi, Jawa Barat.

Meskipun polisi telah mengamankannya, korban dan pengendara sepeda motor akhirnya setuju untuk menyelesaikan kasus ini tanpa melalui jalur hukum. Ini dilakukan setelah korban, menarik laporannya.

"Benar (dicabut). Namun, pelanggaran lalu lintas masih diproses," katanya seperti dikutip VIVAnews, Rabu 11 September.

Para pelaku diketahui melanggar pasal 284 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, karena aksinya dalam mengendarai kendaraan bermotor di trotoar.

About the Author:

Leave A Comment

X
Banner iklan disini