Tidak Serius, Disk Mobil Berkarat Terjadi

Home ยป Tidak Serius, Disk Mobil Berkarat Terjadi

Tidak Serius, Disk Mobil Berkarat Terjadi

VIVA – Untuk menghentikan mobil, rem bertanggung jawab untuk ini. Jadi ada yang khawatir ketika cakram atau cakram berkarat, bisa memengaruhi kinerja rem.

Sebenarnya itu alami, umumnya cakram mobil terbuat dari baja yang rentan terhadap korosi. Seperti yang dinyatakan oleh Kepala Departemen Peningkatan Produk PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi.

"Cakram rem sepertinya berkarat, bukan karat korosif. Tapi karat awal, yang terjadi karena oksidasi bahan besi dan air atau udara," katanya kepada VIVA, Minggu, 16 Juni 2019.

Katanya, cakram mobil yang terbuat dari besi cair itu sengaja tidak diberi cat. Jika Anda diberi cat atau lapisan anti karat yang tidak cocok, itu akan mengurangi koefisien gesekan dengan kanvas rem.

"Dan itu (karat) tidak mempengaruhi pengereman, warna cokelat akan hilang dengan pengereman beberapa kali," katanya.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Dukungan Teknis PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurutnya, timbul karat pada cakram secara alami karena terbuat dari besi dan langsung terkena air, kotoran.

"Mudah berkarat karena bahannya adalah baja tuang, baja tuang, tetapi tidak mempengaruhi efek pengereman. Karena karat akan terkikis oleh kampas rem atau kanvas rem," kata Didi.

About the Author:

Leave A Comment

X
Banner iklan disini